The Power of Retweet

18 Dec 2010

Sudah pernah tau sebesar apa kekuatan Retweet dalam sosial media Twitter ini ?

Saya akhir-akhir ini selalu mengikuti perkemangan website the-marketer. Sebelum mengenal website ini saya di undang dalam acara Marketeing to Netizen pak Hermawan Kartajaya di Hotel Shangrilla Surabaya. Dari hasil seminar tersebut ahkirnya saya tertarik untuk belajar mengenai marketing. Saya yg aslinya berlatar belakang pendidikan IT abal-abal ini Kurang jago belum pernah tau apa sebenarnya marketing itu sekarng juga belom tau. Tapi melihat perkembangan situs jejaring sosial twitter ini saya mencoba mengerti bagaimana perkembangan marketing dari yg sebelumnya seorang netizen itu kurang di anggap penting sekanga malah masuk salah satu target pemasaran yang sangat handal dalam penyebaran sebuah informasi dan bisa menjadi influencer bagi para pembaca berita di sebuah sosial media.

Target pemasaran di Marketing 3.0 ini adalah youth, women, dan Netizen. Ok saya jelaskan Kenapa twitter jadi pilihan tepat untuk brand sebuh produk ?

Kita tilik dari keberhasilan sebuah produk yang berhasil dalam pemasaran melalui situs jejaring sosial ini. Pernah tau kampanye magnum yg sukses booming dan produknya terjual banyak di pasaran ? atau dari gantibaju.com yang menawarkan hadiah jutaan rupiah untuk mengirimkan contoh design untuk mereka ?

Produk magnum ini berkampanye akan memberikan es krim gratis di Senayan City untuk siapa saja yang mau mengganti profil picture mereka dengan twibbon yg di lumuri coklat. Mereka merangkul influencer seleb yang sangat mudah untuk memberikan steatment bawasannya produk magnum ini benar-benar enak. Banyak yg di ajak untuk berkampanye seperti Raditya Dika, Para blogger seleb dan para admin Anjing gombal yang notabene telah mempunyai infulencer ribuan bahkan puluhan ribu.

Sudah pernah melihat The power of Retwet ?

Kita lihat para Influencer jika memasang sebuat status tentang kampanye sebuat produk contohnya magnum. Tiap influencer bisa mempengaruhi orang lain yang membaca sehingga tiap pembaca akhirnya juga memasang status yang sama karena tertarik apa yang telah dikatakan seorang influencer. Jika Seorang influencer seperti Raditya Dika yang mempunya ratusan ribu follower, 1000 follower me-Retweet tweet kampanye tadi dan tiap follower dari tiap 1000 follower tadi me-Retweet dan terus me-Retweet ulang. Apa efeknya ? ya, Brand yang di sebarkan akan sangat cepat berdar ke tiap pembaca dan tiap pembaca membawa berita dari ranah twitter ini ke dunia nyata. Maka akan tercipta mainset bawasannya produk magnum ini memang benar-benar enak dan patut untuk di coba.

Fenomena yang terjadi di negara kita adalah tiap orang sangat ini mendapat hadiah menarik dengan cara yang mudah. Lihat kan Twitter adalah sebuah alat yang dicipkatan sangat bermanfaat bagi para marketing sekarang. Iya! Alat sederhana tapi dengan efek yang sangat luar biasa.

Dan kenapa twitter lebih di gandrungi ketimbang Facebook ? Karna twitter hanya sosial media yang memasang status atau opini saja setelah itu kira bebas membalas dengan mention atau me-Retweetnya tidak terlalu banyak fiture seperti facebook yang berat dibuka ketimbang twitter kan? selain itu juga twitter juga sinkron dengan API sehingga banyak twitter client yang memudahkan untuk melakukan aktifitas ber-twitter seperti Destroy twitter, tweetdeck, twittergadget, tweetfox dll.

Jadi apakah kalian masih sangsi dengan The Power of Retweet ?

Sibair



TAGS Komunitas Blog Surabaya Netizen Twitter Sosial media


-

Author

Follow Me